Budaya

1. Keragaman Budaya

a. Bahasa

b. Agama

c. Suku Bangsa

2. Identitas Uni Eropa


Kritikan dan saran kontak: kajianeropa@googlemail.com

4 thoughts on “Budaya

  1. Yunani dan Islam
    DR Omar Abdul Kafy di Yunani

    Alhamdulillah, betapa senangnya kami sekeluarga ketika suami meminta bersiap – siap pada jam 7.00 sore agar dapat berangkat merayakan peresmian gedung baru perkumpulan Arab – Hellenic yang terletak di daerah Pireous Athena.

    Anak – anak tampak senang ketika dijagakan dari bangun tidur sorenya, di musim panas ini matahari lebih lama terbenam. Saat matahari terbenam hampir jam 21.00.

    Suamiku terlebih dahulu mencek kembali lokasi tempat tujuan agar kami tidak nyasar berkeliling – keliling Athena. Setelah melihat alamat di tabloid yang berisi undangan, akhirnya suami menemukan lokasi berkat bantuan internet dan sebelumnya juga suamiku telah menelepon ketua perkumpulan Arab – Yunani.

    Mengapa tampak begitu akrab hubungan Yunani dengan orang Arab?
    Mengapa negara yang 99% populasinya Kristen Ortodox dan bekas jajahan Turkey ini mendukung berdirinya pusat budaya Arab sekaligus dijadikan mesjid agar ada tempat orag Islam Sholat Jumat dan belajar bahasa Arab dan Islam khususnya di kota Athena?

    Salah satu alasannya yang jelas bagiku adalah sejak awal Yunani selalu mendukung perjuangan Palestina, sejak jaman pemerintahan di tangan PASOK ( partai sosialis pimpinan Papandrou) Yunani memberi dukungan penuh bagi pembebasan tanah – tanah Palestina yang diduduki oleh Israel. Hubungan Andreas Papandrou dengan Yasser Arafat sangat mesra sebelum keduanya meninggal dunia.

    Sejarah terjadi saat malam 17 November 1973, 14 orang mahasiswa tewas ditangan tentara yang datang menyerbu masuk ke dalam kampus Politeknik dengan tank – tank militer. Mahasiswa yang mengadakan protes ketika itu meminta pemerintahan diktator militer yang berkuasa sejak tahun 1967 agar menyerahkan tampuk pemerintahan kembali pada sipil.

    Hasil dari revolusi mahasiswa membuahkan hasil sejak itu pemerintahan Yunani tidak pernah diperintah oleh militer dan bahkan NATO Base ditutup; tentara USA dipersilakan hengkang dari Yunani.

    Saat ini pangkalan militer Amerika dengan kedok NATO bercokol di Sigonella Sicily dan bahkan alamat surat yang diberikan seorang teman yang bersuamikan US NAVY bukan Sicily tetapi PO BOX …..USA. Juga paling banyak berada di Turki diterima menjadi anggota NATO, langsung Amerika mendirikan NATO Base disana.

    Akhirnya kami sampai di gedung baru perkumpulam Arab – Hellenic setelah suami sempat bertanya sana sini dimana letak jalan tepatnya. Tidak kuduga banyak juga masyarakat Arab dan Yunani yang datang, beberapa stasiun televise tampak meliput jalannya pembukaan gedung yang berlantai 2 tersebut.

    Namun sayang pidato yang diberikan oleh Syaikh DR. Omar AbdelKafy yang terkenal itu dan didatangkan khusus untuk acara ini tidak dapat kami mengerti karena diberikan dalam bahasa Arab.

    Hartati Nurwidjaya Papafragos
    Megara, greece

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s