Ekonomi

1. Politik Ekonomi Uni Eropa

a. Peran Uni Eropa sebagai pasar tunggal (“European Single Market”):

Uni Eropa merupakan pasar tunggal terbesar di dunia yang memiliki share sekitar 20 % dari total perdagangan dunia. Walaupun ditinjau dari sejarah perekonomianya UE mempunyai fondasi perekonomian yang kuat di bidang industri manufaktur, namun dewasa ini trend nya sudah berubah. Tidak kurang dari 60 % dari aktifitas internasionalnya merupakan sektor jasa. Amerika serikat merupakan partner usaha utama UE dengan neraca perdagangan yang relatif berimbang sedangkan dengan Jepang UE selalu menderita defisit. UE merupakan partner dagang terbesar Indonesia saat ini setelah Jepang dengan menyabet sekitar 14 persen dari total nilai ekspor Indonesia.

Kalau di manufaktur dan di bidang jasa UE sangat kuat, namun dari segi komoditi dan semi-manufaktur sangat lemah. Hal ini disebabkan selain karena faktor iklim, juga disebabkan karena tingginya biaya faktor produksi.

b. Integrasi Ekonomi:

Definisi umunya adalah pencabutan (penghapusan) hambatan-hambatan ekonomi diantara 2 atau lebih perekonomian (negara)

Definisi operasionalnya adalah : pencabutan (penghapusan) diskriminasi dan penyatuan politik (kebijaksanaan) seperti norma, peraturan, prosedur Instrumennya antara lain: bea masuk, pajak, mata uang, UU, lembaga, Standarisasi, kebijaksanaan ekonomi.

o penghapusan proteksi lalu lintas barang, jasa, faktor produksi (SDM dan modal) dan informasi dengan kata lain kebebasan akses pasar (integrasi negatif).

o Penyatuan politik (kebijakan) dengan kata kunci harmonisasi, disebut juga integrasi positif.

c. Kronologis dan Phase Integrasi Ekonomi

– Fase Integrasi (globalisasi) dan disintegrasi (nasionalisme):

– 1850-1929 (dengan masa pause): gerakan globalisasi

– Pasca 1929: beggar my neighbour-terjadi penurunan integrasi, juga terdapatnya proteksionisme

– 30 tahun emas setelah PD II sampai 1973: liberalisme baru (GATT)

– Setelah itu mengarah ke proteksionisme baru, proteksi dagang non tariff (GATT berubah jadi WTO)

Teori Fase Integrasi :

ZBP

BPT

PT

MUT

SET

SPT

bebas cukai dan kuota

ya

ya

ya

ya

ya

ya

Lalu lintas brg bebas

ya

ya

ya

ya

ya

ya

Batas pabean bersama

ya

ya

ya

ya

ya

Lalu lintas jasa bebas

ya

ya

ya

ya

Lalu lintas modal dan SDM

ya

ya

ya

ya

Harmonisasi kebijaksanaan ekonomi

– ?

– ?

ya

ya

ya

Mata uang tunggal

ya

ya

ya

Kesatuan kebijaksanaan ekonomi

ya

ya

Kesatuan kebijaksanaan politik non ekonomi

ya

Keterangan:

Zona Bebas Perdagangan (ZBP)

Batas Pabean Tunggal (BPT)

Pasar Tunggal (PT)

Mata Uang Tunggal (MUT)

Sistem Ekonomi Tunggal (SET)

Sistem Politik Tunggal (SPT)

Negara Federal (NF)

2. Mata Uang

Zona Eropa (“Eurozone”) disebut juga dengan Sistem Euro (“Eurosystem”) atau Negara Euro (“Euroland”) merupakan kumpulan negara anggota Uni Eropa yang mengadopsi penggabungan mata uang Euro (“Euro Currency Union“). Dengan demikian negara tersebut menyerahkan kebijakan moneternya (“Monetary Policy“) kepada Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman. Sebelum disetujui untuk bergabung, calon negara anggota haru memenuhi kriteria konvergen (”Convergence Criteria“). Zona Euro resmi diluncurkan 1 January 1999, walau mata uangnya baru dicetak 1 Januari 2002.

Berikut ini adalah tabel kronologis bergabungnya negara anggota baru Zona Eropa:

No

Negara Anggota

Pengecualian

Resmi bergabung

Penduduk

1

Austria

1 Januari 1999

8,316,487

2

Belgia

1 Januari 1999

10,584,534

3

Finlandia

1 Januari 1999

5,289,128

4

Perancis

New Caledonia

French Polynesia

Wallis dan Futuna

1 Januari 1999

63,392,140

5

Jerman

1 Januari 1999

82,314,906

6

Irlandia

1 Januari 1999

4,239,848

7

Italia

1 Januari 1999

59,131,287

8

Luxemburg

1 Januari 1999

476,200

9

Belanda

Aruba

Antilles

1 Januari 1999

16,372,715

10

Portugal

1 Januari 1999

10,599,095

11

Spanyol

1 Januari 1999

45,116,894

12

Yunani

1 Januari 2001

11,125,179

13

Slovenia

1 Januari 2007

2,013,597

14

Cyprus

Northern Cyprus

1 Januari 2008

404,962

15

Malta

1 Januari 2008

766,400

Total Penduduk

320,143,372

Ada beberapa negara yang akan bergabung ke dalam Zona Euro:

  1. Slovakia : 1 Januari 2009
  2. Denmark : berencana akan mengadakan referendum

Negara yang menolak untuk bergabung : Inggris

Perlu dicatat bahwa ada negara/kota lain yang bukan negara anggota UE yang juga menggunakan EURO dalam transaksi perdagangan. Negara/kota tersebut adalah :

  1. Melalui perjanjian dengan UE : Mayotte, Monako, San Marino, Saint Pierre dan Miquelon, kota Vatikan.
  2. Tanpa perjanjian dengan UE : Akrotiri dan Dhekelia (Kota di Inggris), Andora, Kosovo, Montenegro, Saint Martin, Saint Barthelemy.

3. Anggaran

Dalam menjalankan tugas keadministrasianya anggaran Uni Eropa dari sisi pendapatan diperoleh dari setoran Negara anggota yang terdiri dari:

a. Pajak Impor

Pajak impor dikenakan atas nama UE oleh Negara tempat masuk barang pertama kali ke UE yang kemudian harus disetor ke UE. Negara pemungut diperbolehkan mempergunakan seperempat dari pendapatan pajak untuk menutup biaya administrasi pemungutan. Komisi Eropa menjalankan sistim pengawasan guna menghindari pelanggaran aturan.

b. Pajak Pertambahan Nilai

Pendapatan yang dipungut tertentu dari warga negara anggota berdasarkan tingkat PPn yang dikenakan oleh masing-masing negara anggota berdasarkan proporsi tertentu. Tingkat PPn dan keringanan berbeda untuk tiap-tiap negara anggota. Oleh karena itu dibuatlah rumus basis PPn yang setara yang harus dibayarkan ke UE (proporsional).

Pendapatan dari PPn UE = (Total PPn x basis pajak)-Barang bebas PPn menurut Directive UE

Basis pajak bervariasi untuk tiap negara, untuk 2007-2013 misalnya basis untuk Jerman adalah 0,15 %, Swedia 1 %. Untuk itu setipa negara anggota harus melaporkan pendapatan PPn mereka kepada UE paling lambat bulan Juli tahun berikutnya. UE melakukan inspeksi ke negara anggota yang biasanya dilakukan oleh Dirjen Anggaran (Directorate-General for Budget) dan Dirjen Pajak (Directorate-General for Taxation) yang hasilnya dilaporkan kembali ke negara yang bersangkutan untuk merespon temuan yang ada sampai kedua belah pihak tidak mempermasalahkan lagi. Komisi penasehat (Advisory committee on own resources) yang merupakan perwakilan untuk tiap negara anggota juga menerima dan aktif dalam negosiasi masalah. Masalah yang tidak bisa dinegosiasikan akan diserahkan ke pengadilan UE (European Court of Justice). Pembayaran dilakukan setiap bulanya oleh negara anggota ke komisi UE berdasarkan perkiraan tahun lalu yang akan dikoreksi kemudian.

c. Pendapatan Domestik Bruto (PDB)

PDB adalah sumber terbesar dari anggaran UE yang saat ini menggunakan basis pengenaan yang sama untuk setiap negara anggota yakni sebesar 1,24 % dari PDB. Besarnya PDB dihitung oleh ahli anggaran nasional yang bekerja di Eurostat atas nama Dirjen Anggaran. Semua informasi penting harus sudah diserahkan sebelum 22 September setelah tahun anggaran berakhir yang juga diikuti dengan inspeksi. Pembayaran dilakukan setiap bulanya oleh negara anggota ke komisi UE berdasarkan perkiraan tahun lalu yang akan dikoreksi kemudian.

d. Pendapatan lain-lain

Pendapatan lain-lain meliputi bunga dari simpanan dan pembayaran yang terlambat, pembayaran dari organisasi non UE, kelebihan anggaran untuk program komunitas serta sisa dari anggaran sebelumnya.

4. Keadaan Ekonomi Negara Anggota

5. Pertumbuhan Ekonomi

6. Sumber Energi

7. Perdagangan Internasional

a. Hutang Luar Negeri

b. Perjanjian Bilateral

c. Ekspor

d. Impor

8. Pengangguran

9. Industri

a. Pertanian

b. Manufaktur

c. Keuangan

10. Ketimpangan Daerah

a. Kondisi Umum

b. Menuju pemerataan kesejahteraan (Convergence):

Dalam rangka pemerataan kesejahteraan dan pembangunan untuk negara dan daerah yang tertinggal, maka UE memiliki instrument-instrument bantuan dan insentif guna mendongkrak taraf hidup serta mengatasi permasalahan khusus yang dihadapi daerah tertinggal tersebut (“pheriperal region”)

Diantara instrumen bantuan itu adalah sebagai berikut:

Bantuan struktural (structural funds), bantuan dana pemerataan (cohesion funds) dan inisiatif masyarakat (comunity initiatives). Dalam penyaluran dana-dana bantuan tersebut, UE tentu memiliki standar kriteria (indikator) ekonomi dalam pemilihan negara atau daerah yang berhak menerima.

11. Indikator Ekonomi Terkini

Kritikan dan saran kontak: kajianeropa@gmail.com

38 thoughts on “Ekonomi

  1. Sebagai masukan, kerjasama Uni Eropa dengan Indonesia perlu mendapat penekanan yang lebih lagi. Mengingat hubungan ekonomi dagang yang semakin tertinggal dengan negara-negara Asia Timur seperti Cina, Korea Selatan dan Jepang. Dan juga hubungan politis yang kelihatannya semakin meregang.

    Memang Uni Eropa sebuah blog giant yang punya kekuatan ekonomi politik cukup besar, namun apa dampaknya bagi Indonesia?

    Note: Kebetulan saya ingin mengambil topik skripsi mengenai hubungan trans-regional ASEAN-Uni Eropa dalam konteks Myanmar. Jadi, mohon bantuannya.

    Trims

    Jawab:

    Terimakasih atas saranya. Saya setuju dengan kondisi hubungan yang bung paparkan. Diskriminasi Uni Eropa terhadap Myanmar hanya salah satu batu sandungan saja. Masih banyak hambatan lain yang belum dibuktikan secara akademik. Ini bisa jadi bahan skripsi yng bagus.

    Bung Verdinand ysh, saya sarankan join milis kajian eropa. Disana ada kurang lebih 19 orang expert tentang kajian eropa dari berbagai latar belakang konsentrasi bidang pendidikan kajian eropa dalam dan luar negeri. Bisa join disini:
    http://tech.groups.yahoo.com/group/Kajian_Eropa/

    Salam
    Admin

    Suka

  2. Saran saya sebaiknya bagian teori lebih berstruktur dan lengkap sebagai bahan untuk para “dicussant” nantinya. Saya paham kalau kadang orang bikin blog hanya iseng (pengisi waktu luang). Tapi kalau yang punya blog lebih serius, blog ini bisa jadi tempat parkir pengkaji eropa di dunia.

    Maju terus!
    Babah

    Suka

  3. Dear peminat KE,

    Ada yang bisa menjelaskan masalah perbedaan ASEAN dan UE khusus untuk masalah pemerataan kesejahteraan (convergence)?

    Makasih atas jawabanya

    May

    Suka

  4. dear kajian eropa,

    saya mahasiswa yang sedang menulis makalah mengenai krisis finansial global dengan kajian wilayah di eropa. saya ingin bertanya, negara manakah yang paling terkena dampak dari resesi amerika 2008? lalu, apa upaya-upaya yang dilakukan negara tersebut dalam menstabilkan perekoomian di negaranya?
    terima kasih.

    best regards,
    ucii….

    Suka

    1. Dear Ucii..
      Untuk menjawab itu anda harus anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
      1. Anda buat pola perdagangan (trade pattern) baik ekspor maupun impor masing2 negara anggota (pake SITC number, 2 Digit sudah lumayan)
      2. Ukur tingkat dependency 27 negara anggota terhadap export. Bisa diukur dengan membandingkan rasio ekspor internal dan eksternal UE dengan GDP negara bersangkutan.
      2. Lihat negara tujuan ekspor negara anggota UE, hubungan bilateral dagang dengan paman sam bagaimana.
      3. Lihat juga indikator angka pengangguran dari 2008-sekarang.
      4. Bikin grafik pertumbuhan ekonomi sepuluh tahunan termasuk 2008 dan 2009.
      5. Baca laporan-laporan yang dikeluarkan lembaga-lembaga riset yang mengeluarkan kinerja ekonomi UE.
      6. Anda bikin tabel berisi kesimpulan dari hal-hal di atas seperti ini:
      Ekspor utama Tujuan ekspor utama Dependency thd ekspor Pertumbuahan Angka pengangguran pasca krisis
      Jerman Mesin paman sam 45% 15% dst…
      dst….

      Kalau statisik perdagangan pake UNSD Comtrade, indikator lain pake Eurostat.

      Selamat bekerja..
      Kajian Eropa

      Suka

      1. Kayaknya indikator-indikator ekonomi lain seperti tingkat inflasi dan fluktuasi mata uang € bisa ditambahkan deh..

        Kebijakan yang diambil masing- masing negara kayaknya beda-beda. Yang jelas bail-out pasti ada dan bersifat diskriminatif. Perancis contohnya mengambil tindakan proteksionis (melindungi perekenomian industri domestiknya) sedangkan di tingkat EU saya tidak melihat reaksi cepat.

        Di Jerman sendiri banyak perusahaan di sektor permesinan termasuk otomotif dan swalayan moderen yang gulung tikar. Coba cari-cari kasus opel (otomotif) dan kasus Hertie, Karstadt, Woolworth dan Kaufhof (swalayan).

        Ada gejala deindustrialisasi dan kakilimasasi (orang kembali belanja di toko2 kaki lima yang lebih murah.

        Suka

  5. Dear para pengkaji Uni Eropa,

    saya mahasiswa HI yg saat ini menempuh skripsi dan sy sangat tertarik untuk menulis ttg hubungan ekonomi Indonesia – UE, yg ingin sy tnyakan yaitu :
    1. apakah adanya traktat lisabon berpengaruh pada hubungan ekonomi keduanya?
    2. dimana sy dapat mengakses informasi ttg hubungan ekonomi antara UE – RI?
    3. Apa pengaruh penghapusan hambatan tarif dan non tarif yg menjadi salah satu tujuan dalam traktat lisabon terhadap hubungn ekonomi antara kedua negara???

    tolong di jawab y, jawaban ini akan sangat membantu dan memudahkan sy dalam menyelesaikan skripsi sy trima kasih atas perhatiannya…..

    Suka

    1. Dari segi targetnya untuk meliberalisasi pasar sangat sukses. Terbukti intra-trade nya meningkat pesat dari tahun ke tahun. Tapi kalau dari segi pengaruh integrasi ekonomi terhadap pemerataan kemakmuran, mungkin masih jauh panggang dari api.

      Suka

  6. dear kajian eropa…

    saya mau bertanya soal penolakan inggris terhadap mata uang euro..
    dari faktor ekonomi, apa sih yg menyebabkan inggris menolak euro??
    kemudian, apakah ada campur tangan a dari negara lain (faktor eksternal) yg membuat inggris mempertahankan poundsterllingnya??

    saya tunggu jwbnnya..
    terimakasih…

    Suka

    1. 1. Inggris masih mengkhawatirkan tentang stabilitas Euro di masa datang.
      2. Inggris belum mau menyerahkan kedaulatan moneternya ke ECB di Frankfurt (Nasionalisme).

      Suka

      1. kajian eropa,,,
        bagaimana mengenai kedaultan moneter ke ECB,,, knp bisa terjadi? adakah alasan ekonomi politik yang lbh mendasar?
        atau mungkin ada link yang bisa menjelaskan…
        terima kasih,,,
        kajian eropa sangat membantu,,,

        Suka

      2. Dengan setujunya 12 anggota UE meratifikasi traktat Maastricht (1991) yang berisi tentang sistem ekonomi tunggal (SET), maka sebagai salah satu pilarnya dicanangkanlah pelepasan kedaulatan ekonomi dan moneter Eurozone ke tangan ECB di Frankfurt. Tahun 1999, ECB mulai mengkoordinasikan kebijakan ekonomi dan moneter eurozone sampai mulai digunakanya Euro dalam transaksi sehari-hari.

        Alasan ekonominya sebetulnya adalah, koordinasi kebijakan sangat diperlukan untuk negara-negara yang telah berintegrasi satu sama lain. Karena pasar dan mata uang tunggal menambah saling keterkaitan kebijakan ekonomi anggota satu sama lain sehingga pengambilan keputusan bersama yang terpusat semakin penting. Kebijakan moneter yang terpisah dan tidak seirama jelas lebih tidak menguntungkan kepentingan bersama. Ambil contoh gampangnya pada krisis hutang Yunani baru-baru ini. Ini disebabkan tak lain karena Yunani tidak mengindahkan batas hutang luar negeri maksimum yang ditetapkan berdasarkan kriteria Maastricht. Yaitu salah satunya hutang pemerintah tidak boleh lebih dari 60% GDP pada akhir tahun anggaran berjalan (hutang Yunani per 2009 mencapai 115% dari GDPnya). Untung Pemerintah Jerman bersedia menggelontorkan bantuan untuk menopang beban pinjaman yang mendesak pemerintah Yunani untuk berhemat yang tentu ditentang rakyatnya yang merasa tidak bersalah.

        Apakah kriteria Maastricht tidak jalan?

        Ekonomi itu suatu bidang yang dinamis, sedangkan kriteria Maastricht sangat ketat. Sering terjadi pelanggaran-pelanggaran kriteria ini tidak hanya oleh negara yang tingkat perekonomianya rendah, tetapi kadang-kadang negara pionir seperti Jerman dan Perancis juga sering melanggar kriteria. Terkadang suatu negara sudah harus dikenakan sangsi sesuai aturan namun kadang sangsi tidak diberlakukan dengan diterimanya alasan negara yang melanggar.

        Kesimpulan

        Sedangkan sudah dikoordinir saja masih ada yang melanggar dan terkena krisis, apalagi tidak dikoordinir. Padahal kan salah satu tujuan anggota berintegrasi agar dapat lebih tahan kalau terjadi krisis.

        Suka

  7. Selamat siang,
    saya mau tanya tentang bagaimana perekonomian Perancis saat terjadinya krisis finansial yang berdampak pula pada Eropa sampai sekarang??
    dan saya juga mau tanya apakah di Polandia ada industri otomotifnya, kalu ada bagaimana perkembangan industri otomotif yang ada di Polandia tersebut ??

    Saya tunggu jawabannya segera dan mohon bantuannya.
    Terima kasih dan selamat bekerja.

    Suka

    1. Pertama kondisi akhir tahun 2008 perekonomian, PDB cukup bagus bahkan tertinggi dan tingkat pengangguran juga terendah dalam 1 dekade terakhir, tapi inflasi tertinggi 3% seiring dengan meningkatnya daya beli. Defisit neraca perdagangan tertinggi dalam 1 dekade terakhir baik secara kwantitas maupun persentase terhadap PDB. Keadaan memburuk pada tahun 2009, PDB turun, pengangguran meningkat hampir 1,5%, konsumsi turun (inflasi hampir 0% sejalan menurunya daya beli). Diperkirakan perekonomian akan sedikit perlahan membaik untuk tahun 2010.

      Di Polandia industri otomotifnya telah berkembang pesat dengan modernisasi melalui joint venture dengan dan investor asing. Beberapa merek terkenal merakit mobil mereka di Polandia dengan pertimbangan lokasi strategis di jantung Eropa dan upah yang relatif murah dibanding Eropa Barat. Krisis keuangan telah menurunkan daya beli masyarakat, otomotif sebagai industri pada modal dengan biaya tetap yang tinggi tentu lebih parah terkena dibanding industri makanan misalnya.

      Suka

      1. Selamat siang kajian Eropa.
        Saya mau tanya lagi nih. Diataskan dibilang kalau Polandia mempunyai industri otomotif yang berkembang dan ada beberapa merek mobil yang terkanal di Polandia, apa saja nama merek mobil tersebut.?
        Kalau di Perancis juga mempunyai industri otomtif yang terkenal dan merek mobilnya PSA Peugeot dan Renalt dan industri otomotifnya sudah banyak berkembang dan ada juga industri otomotif nya yang berada di Polandia.
        Saat terjadinya krisis yang melanda Uni Eropa, Perancis adalah salah satu Negara yang mendapatkan bantuan dana pada industri otomotifnya dari Uni Eropa. Tetapi, ada beberapa Negara yang menolak pemberian dana ke Perancis tersebut.Negara mana saja yang menolak pemberian dana dari Uni Eropa ke Perancis selain Polandia dan apa alasan Polandia menolak bantuan dana yang diberikan kepada Perancis tersebut dan Faktor eksternal dan internal apa saja yang melatarbelakangi penolakan tersebut.
        Klo ada referensi bukunya tentang pertanyaan diatas tolong dicantumin.
        Saya tunggu jawaban secepatnya dan Thank’s atas bantuannya.
        Selamat bekerja.

        Suka

      2. Mereknya sbb:
        Fiat (1930), General Motor, Volkswagen, Toyota, Fiat-GM Powertrain, Delphi, Faurecia (Perancis), Isuzu, Eaton, Lear and Volvo.

        Yang merupakan basis terbesar di luar perancis itu berada di Republik Ceko.

        Coba diteliti lagi deh.. bukan Uni Eropa yang memberikan bantuan, tetapi pemerintah Perancis memberikan pinjaman dengan bunga 6% per tahun yang akan dikucurkan selama 5 tahun dengan syarat perusahaan otomotif Perancis tidak menutup atau memindahkan pabrik keluar Perancis ke negara yang memiliki upah yang lebih murah seperti Polandia dan republik Ceko (mencegah outsourcing untuk mempertahankan lapangan kerja domestik). Yang paling menentang selain Polandia itu Republik Ceko. Terutama setelah pernyataan Sarkozy menyangkut relokalisasi (memulangkan kembali investasi di luar negeri ke dalam negeri).

        Faktor internalnya antara lain: 1. Tenaga Kerja 2. Pendapatan Bruto (4% GDP Polandia tahun 2007 berasal dari otomotif dan hampir seperlima dari GDP Republik Ceko juga berasal dari industri yang sama.

        Faktor eskternal misalnya: 1. Persaingan yang kurang sehat pasca bail out 2. Negara investor lain bisa mengambil langkah yang sama, coba bayangkan kalau negara lain seperti Jerman, Jepang, US ikut-ikutan merelokalisasi pabrik mobilnya.

        Suka

  8. selamat sore kajian eropa..
    saya mau bertanya tentang mata uang poundsterling Inggris..
    Inggris adalah negara yang blm mau memberlakukan euro salah satu alasanya karena poundsterling. inggris masih merasa bangga dengan mata uang tunggalnya tersebut.
    dan pertanyaan saya adalah:
    1.apa yang membuat pound begitu istimewa bagi masy.Inggris??
    2. mengapa nilai pound selalu lebih tinggi dibandingkan euro?
    3. dan apa kelebihan pound dibandingkan euro??

    Mohon bantuannya, dan ditunggu segera jawabannya..
    terima kasih…^_^

    Suka

    1. 1. a. Inggris masih mengkhawatirkan tentang stabilitas Euro di masa datang.
      b. Inggris belum mau menyerahkan kedaulatan moneternya ke ECB di Frankfurt (Nasionalisme).
      2. Nilai nominal mata uang tidak bisa jadi jaminan akan menguntungkan suatu negara. Misalnya: nilai mata uang rendah sangat menguntungkan negara yang berorientasi ekspor seperti Jerman. Nilai nominal itu beda dengan nilai riil. Misal: untuk beli 1 kg tomat asal Belanda rakyat inggris perlu 2 Pounds, sedangkan di Jerman butuh 1.68 Euro saja. Kalau ndak salah di Inggris biaya hidup mahal.
      3. Pounds dimiliki 1 negara, Euro dimiliki banyak negara.. heheh.

      Suka

  9. dear kajian eropa.. saya ada beberapa pertanyaan

    1. bagaimana tentang regionalisme di eropa
    2.hal2 apa saja yang membentuk eropa sebagai satu region?
    3.konsep regionalisme apa yang digunakan oleh uni eropa?
    4.tantangan regional uni eropa apa saja?
    5.bagaimanakah cikal bakal pembentukan uni eropa, serta bntuk dan struktur?
    serta yang terakhir.. bagaimana dengan masalah moneter di uni eropa?
    thx

    Suka

  10. kajian eropa yg trhormat…
    terkait dengan krisis ekonomi dan krisis utang di negara negara uni eropa saat ini, apa akibat yang paling ekstrim yang mungkin terjadi (selain gagal bayar) esok hari ke depan ?
    lalu, adakah langkah terbaik yang mungkin diambil untuk menuntaskan krisis ini tanpa membebani para negara negara pemberi bail-out ?(selain penghematan anggaran dan bail-out)
    terima kasih ….

    Suka

  11. dear kajian eropa
    saya mau tanya, apakah krisis ekonomi di eropa membuat sebagian besar masyarakat yang tadinya bersifat konsumtif terhadap otomotif mahal lebih memilih otomotif yang lebih murah dari cina?
    apakah benar produk otomotif di eropa di dominasai oleh cina dibanding jepang?
    saya sedang mengerjakan seminar saya. mohon bantuannya. terimakasi..

    Suka

    1. Terus terang kita belum punya data terkini tentang market share produk mobil China di EU. Terlalu dini untuk bisa menyimpulkan dan menjawab hal tersebut. Karena satu2nya merek China yang mendapat izin dari Uni Eropa hanya mobil-mobil produksi Great Wall Motor (GWM) China yang awal tahun ini membuka pabrik di Eropa Timur. Sebagaimana diketahui Uni Eropa memiliki persyaratan ketat masalah gas emisi dan keamanan. GWM China mampu melakukan itu tidak terlepas dari kemampuanya menggaji para insinyur, desainer dan manajer barat yang syarat pengalaman di dunia otomotif Jepang, Eropa dan Amerika serikat. Jadi kemungkinan mobil produksi GWM mengungguli mobil Jepang sangat-sangat mungkin mengingat kasus kesalahan-kesalahan teknis produksi mobil Jepang yang menyebabkan ratusan ribu mobilnya ditarik dari pasaran.

      Suka

  12. assalamualaikum,,
    saya adalah mhsiswa baru yang ingin mengambil kajian Eropa,, ada yang ingin sanya tanyakan tentang proses integrasi Eropa explained by functionalism, neofuctionalism dan intergevermmentalist ? mohon bantuannya, terimakasih,,

    Suka

  13. saya mau tanya, apakah uni eropa bertanggung jawab secara umum untuk menghindarkan negara yang saat ini belum terkena dampak krisis seperti d yunani, perancis, dll?? kalau ad ttg pertanggung jawaban tersebut, terdapat dalam perjanjian uni eropa mana?

    terimakasih..

    Suka

    1. Uni Eropa sebagai organisasi tidak bertanggung jawab. Di protokol tentang prosedur kelebihan deficit pasal 3 (Traktat pendirian Uni Eropa, 1992) disebutkan bahwa negara nggotalah yang bertanggung jawab atas keefektifan prosedur yang berlaku, pelaporan APBN secara berkala kepada komisi eropa. Pada pakta stabilitas dan pertumbuhan (Amsterdam, 1997) diatur bahwa komisi eropa punya hak untuk kemudian menganalisa, melaporkan dan merekomendasikan hasil temuanya ke EU Council. EU council yang mengeksekusi rekomendasi tersebut, apakah itu sangsi atau rekomendasi kebijakan. Terserah negara anggota menerimanya atau tidak. Akta lain yang berkaitan dengan pengawasan APBN adalah Council Regulation (EC) No 1467 dan 1466 tahun 97.

      Suka

  14. dear kajian eropa
    saya mau tanya tentang kebijakan REACH yang diterapkan oleh UE apakah ada MoUnya? dan bagaimana perkembangan kebijakan tersebut di wilayah UE sendiri?
    terimakasih..

    Suka

    1. Integrasi UE tentu dapat dipertahankan dengan prinsip solidaritasnya yang terkenal itu. Keinginan untuk keluar santer terdengar dari Inggris (“The Great Escape”) yang anggota perwakilanya yang duduk di parlemen UE tidak henti-hentinya menyerukan kritikan dan ide akan keluarnya Inggris melalui referendum.

      Suka

  15. Dear kajian eropa, berkaitan dengan penolakan Inggris terhadap bailout yunani, faktor” apa saja yang membuat Inggris melakukan penolakan terhadap bailout tersebut? Terima kasih, jawaban anda sangat membantu studi saya.

    Suka

    1. Faktor yang utama:
      1. Partai konservatif berhasil meyakinkan Inggris untuk mengambil posisi Non-Bail Out
      2. Pragmatisme ekonomi : Inggris memahami betul ketidakmampuan Yunani untuk menanggung beban hutang yang lebih besar
      3. Sikap skeptis terhadap Uni Eropa secara keseluruhan

      Suka

  16. dear kajian eropa..
    aku sedang menyusun skripsi mengenai kebijakan ekonomi Prancis dalam menanggulangi krisis euro (kepemimpinan Nicolas Sarkozy). bagaimana implikasi kebijakan yang direalisasikan Sarkozy terhadap kondisi ekonomi Prancis sendiri? dan terhadap hubungan dengan negara UE lain? (karena kita tau Sarkozy sm Merkel sahabatan bgt masalah ekonomi). mungkin kajian eropa bisa share link jurnal atau ebook yg membahas masalah ini krn sangat membantu. terima kasih

    Suka

  17. Dear penstudi eropa yang berbahagia..
    Mau tanya donk kelamahan dari penyatuan sistem moneter uni eropa, selain krisis yang bisa berdampak luas bagi negara anggota?? Thx berat..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s