Organisasi UE

Struktur organisasi Uni Eropa dipayungi oleh tiga pilar kerjasama:

  1. Komunitas Eropa (”European Community”) merupakan kerangka hukum yang mewadahi kebijakan komunitas yang berhubungan dengan pasar tunggal (“single market), perdagangan international, bantuan pembangunan, kebijakan moneter, pertanian, perikanan, lingkungan, pembangunan daerah, energi dstnya.
  2. Kebijakan keamanan dan hubungan luar negeri (“Common Foreign and Security Policy/CFSP”);
  3. Peradilan dan masalah dalam negeri (“Justice and Home Affairs”) yang menangani kerjasama di bidang hukum perdata dan pidana, kebijakan keimigrasian dan asylum, pengawasan perbatasan, pengawasan lalu lintas obat terlarang, kerjasama kepolisian dan pertukaran informasi.

Ketiga pilar ini diarahkan pada tujuan-tujuan utama dan diatur menurut prinsip-prinsip dasar dan sebagian dengan satu kerangka institusi.

Tujuan-tujuan utama dari Uni Eropa adalah meningkatkan kemajuan ekonomi dan social, terutama dengan penciptaan pasar bebas, pemerataan ekonomi dan social serta melalui pendirian integrasi ekonomi dan moneter termasuk mata uang tunggal (EURO). Untuk hubungan eksternal keluar, tujuan utama Uni Eropa adalah untuk lebih menonjolkan identitas ataupun peranan Uni Eropa dalam percaturan internasional, khususnya kebijakan bersama di bidang keamanan dan hubungan luar negeri termasuk pembangunan kebijakan pertahanan bersama.

Adapun prinsip-prinsip dasar yang dianut Uni Eropa adalah menghargai identitas nasional anggota, demokrasi, dan menjunjung hak azazi manusia.

Uni Eropa memiliki struktur organisasi yang cukup lengkap guna menyokong tiga pilar kerjasama di atas. Berikut adalah institusi dan lembaga terkait Uni Eropa berikut tugas dan kewenanganya:

I. Institusi Uni Eropa:

1. Parlemen

Merupakan institusi satu-satunya yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat negara anggota yang sekarang ini berjumlah 785 anggota. Anggota parlemen dipilih sekali 5 tahun oleh rakyat di seluruh negara anggota yang sekarang berjumlah lebih kurang 492 juta jiwa. Keputusan tentang Undang-Undang UE dibuat oleh parlemen dengan bekerjasama dengan dewan setingkat menteri (council of ministers). Selain itu parlemen juga terlibat dalam membuat draft peraturan-peraturan di bidang misalnya perlindungan lingkungan, hak konsumen, persamaan hak, transportasi, ketenagakerjaan, jasa dan perdagangan. Parlemen juga punya wewenang bersama dewan menteri atas penentuan anggaran tahunan UE.

President parlemen sekarang: Hans-Gert Pöttering

2. Dewan menteri

Dewan ini pada prinsipnya adalah menteri-menteri yang sedang menjabat di negara-negara anggota. Pengiriman menteri sebagai wakil suatu negara tergantung kepada agenda yang akan dibicarakan seperti menlu, menkeu, menteri pertanian dstnya. Kepresidenan pada dewan ini dipilih secara rotasional sekali dalam 6 bulan. Dewan menteri adalah institusi utama UE dalam hal pengambilan keputusan dan mengkoordinasikan pelaksanaanya di masing-masing negara anggota.

Untuk itu dewan ini bertugas : bersama-sama parlement membuat dan mensahkan Undang-Undang, melakukan koordinasi kebijakan ekonomi negara anggota, menentukan dan melaksanakan politik luar negeri dan keamanan bersama berdasarkan pedoman yang dibuat dewan, dewan juga yang akan merundingkan perjanjian bilateral antara UE dengan pihak ketiga termasuk kawasan, negara atau organisasi internasional, mengkoordinir pelaksanaan program di bidang kepolisian dan kerjasama di bidang peradilan dan tindak kriminal dan seperti yang sudah dijelaskan tadi ikut bersama parlemen membuat anggaran tahunan.

Keputusan yang diambil oleh dewan bisa berupa : peraturan, directives, keputusan, program bersama (common actions), rekomendasi atau opini. Dewan berhak mengadopsi kesimpulan, deklarasi atau resolusi. Khusus dalam fungsinya sebagai legislator, sebetulnya Komisi Eropa yang membuat draftnya yang kemudian dibicarakan dan dimodifikasi di rapat dewan sebelum menyetujuinya secara bersama dengan parlemen (co-decision). Jumlah suara yang dimiliki tiap negara di dalam pengambilan keputusan di dewan ditetapkan berdasarkan traktat UE.

3. Komisi Eropa

Komisi Eropa merupakan lembaga eksekutif independen UE. Tugas utamanya adalah merepresentasikan dan menjaga kepentingan Uni Eropa secara keseluruhan. Komisi Eropa bertanggung jawab dalam membuat draft proposal untuk hukum-hukum Eropa yang harus dipresentasikan ke parlemen dan dewan menteri. Sebagai lembaga eksekutif, komisi Eropa menjalankan segala keputusan yang ditetapkan oleh parlemen UE dan dewan menteri, dengan kata lain lembaga yang menjalankan tugas harian UE, menerapkan kebijakan, menjalankan program-program dan mendistribusikan dana serta mewakili UE di forum-forum internasional.

Komisi Eropa dibentuk bersamaan dengan parlemen dan dewan menteri (1950 an) berdasarkan traktat pendirian. Komisi Eropa berkedudukan di Brussels dan Luxemburg. Anggotanya sebanyak 27 (satu negara satu komisioner) dipilih sekali dalam 5 tahun. Anggota komisi Eropa mengadakan pertemuan sekali dalam 1 minggu di Brussels (hari Rabu).

Dalam tugas keseharian komisi Eropa dibagi menjadi direktorat jenderal (Dirjen) yang dibagi berdasarkan departemen-departemen bidang. Draft proposal di statu bidang akan disusun oleh Dirjen terkait melalui konsultasi dengan menteri negara terkait, lembaga masyarakat, bisnis dan Dirjen terkait di Komisi sendiri. Keputusan tentang pengajuan draft proposal ke parlemen dan dewan menteri dilakukan berdasarkan “simple majority vote” (14 : 27).

4. Pengadilan UE

Merupakan lembaga peradilan UE didirikan tahun 1952 dan berkedudukan di Luxemburg yang termaktub di traktat batubara. Tugasnya adalah untuk menjamin semua hukum dan peraturan UE sudah diinterpretasikan, dijalankan dan dipatuhi sebagaimana mestinya dan berlaku sama untuk semua orang. Lembaga ini akan mencegah hukum dan peraturan yang sama dibuat oleh lembaga yang sama ditingkat Nasional. Lembaga ini memiliki wewenang untuk menangani kasus antara negara anggota, institusi UE, bisnis dan individu. Pengadilan beranggotakan satu jaksa per negara anggota (27 anggota) dan 8 pengara umum yang dipilih bersama sekali 6 tahun dan dapat dipilih kembali. Para jaksa jarana sekali melakukan pertemuan akbar. Mereka bertemu berdasarkan “grand chamber” dengan anggota 13, 5 atau 3.

Untuk membantu pengadilan UE, dibentuklah pada tahun 1989 suatu lembaga yang disebut “Court of First Instante” yang bertugas menangani kasus-kasus yang diajukan oleh individu, pelaku bisnis dan organisasi termasuk kasus persaingan sebelum ditangani oleh pengadilan UE.

Pengadilan UE dan “Court of First Instante” memiliki presiden masing-masing yang ditunjuk oleh para jaksa sekali dalam 3 tahun.

Lembaga baru yang berada dibawah “Court of First Instante” adalah “European Civil Service Tribunal” yang menangani kasus antara UE dengan pegawainya.

5. Auditor

Lembaga audit. UE ini dibentuk tahaun 1975 dan berkedudukan di Luxemburg. Tugas lembaga ini adalah mengaudit penggunaan dana yang berasal dari pembayar pajak dan menjamin pengunaan dana tersebut secara legal, ekonomis dan sesuai tujuan. Lembaga ini berhak mengaudit individu dan organisasi yang menggunakan dana UE. Untuk melakukan hal ini lembaga ini perlu menjaga independensinya dan menjalin kerjasama dengan lembaga lain. Tugas kunci lembaga adalah mempersiapkan dan melaporkan hasil audit tahunan ke parlemen dan dewan menteri serta memberikan opini terhadap proposal tentang peraturan keuangan dan anti korupsi dan fraud.

Anggota lembaga ini ditunjuk oleh dewan mentri yang terdiri dari perwakilan tiap tiap negara anggota (27 anggota) yang dipilih sekali dalam 6 tahun dan dapat dipilih lagi. Lembaga ini selanjutnya memilih seorang Presiden dengan masa jabatan 3 tahun.

II. Badan Konsultative

1. Komite ekonomi dan sosial Eropa

Badan ini merupakan penasehat yang merupakan perwakilan dari tenaga kerja, ikatan buruh, petani, konsumen dan kelompok swadaya masyarakat lainya. Badan ini menyampaikan aspirasi dan memperjuangkan kepentingan mereka dalam diskusi kebijakan dengan parlemen, dewan mentir dan komisi UE.

2. Komite Daerah

Badan ini merupakan badan penasehat yang terdiri dari utusan dari daerah dan otoritas daerah. Badan ini harus dimintai pendapatnya sebelum keputusan tentang kebijakan regional, lingkungan dan transportasi diambil ditingkat UE.

III. Badan Keuangan

1. Bank Investasi Eropa

Tugasnya adalah meminjamkan dana untuk investasi skala besar guna kepentingan UE seperti pelabuhan laut dan udara, konservasi lingkungan, rel kereta api terutama kepada daerah tertinggal, calon anggota dan negara berkembang.

2. Dana Investasi Eropa

Badan ini didirikan khusus untuk membantu usa kecil menengah

3. Bank Central Eropa

Tugas Bank ini hádala untuk mengendalikan Euro, mata uang tunggal UE. Badan ini juga bertanggung jawab dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan ekonomi dan moneter UE. Bank ini berkedudukan di Frankfurt-Jerman.

IV. Badan antar lembaga

1. Kantor publikasi resmi UE

Berfungsi sebagai rumah publikasi UE bagi seluruh organisasi UE termasuk memproduksi dan mendistribusikan semua publikasi cetak dan elektronik UE.

2. Kantor perekrutan personalia UE

Setelah dibentuk tahun 2003, badan ini berfungsi menyusun materi ujian seleksi personalia yang akan bekerja di organisasi UE yang lebih efisien dibanding kalau setiap institusi memiliki satu departemen SDM. Dana yang dihabiskan lembaga ini sekitar 21 juta Euro setiap tahunya (11 % lebih sedikit dibanding kalau dilaksanakan disetiap institusi).

3. Sekolah Administrasi Eropa

Sekolah ini didirikan pada tanggal 10 Februari 2005 yang betugas memberikan pelatihan untuk bidang khusus untuk staff UE. Kursus-kursus yang diberikan terbuka untuk seluruh staff dari seluruh instansi UE dengan tujuan menanamkam nilai-nilai dasar, pemahaman yang lebih baik dan skala ekonomis. Sekolah ini bekerjasama dengan departemen pelatihan instansi lain EU.

Kritikan dan saran kontak: kajianeropa@googlemail.com

One thought on “Organisasi UE

  1. hi mas sya lgi. msih bnyak pertnyaan yg ingin sy ajukan:

    1. klo emang kdua negara sudah mengindahkan CTA so why Irlandia masih blum mau join schengen scra pnuh?
    2. apkah partisipasi irlandia dalam polisi lintas btas thun 2002 msh brlku skrang??
    3. apakah irlandia utara bs jdi alasan irlandia blum mau join schengen??
    4. sy pernah bc di internet yg mengatakan klo bergabungnya negara2 non member EU dlam schengen juga slah satu alsan irlandia tidak mau join?? ap itu bnar?? klo bnar bs jelaskan nggak?
    5. selain mas. apakah ad orang indonesia selain mas yg menguasai kajian Uni Eropa dan schengen ini sehingga sy jg bs tnya2 dengan beliau??

    sy brtnya sebanyak ini karena brencana irlandia dan schengen ini mau sy angkat jdi skripsi. tp, sy msih mau menarik rumusan masalah seperti ap n teori ap yg hndak di pake.

    sy tunggu blasannya

    thanks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s